Blog

May 23, 2018

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Buat Toko Online

Buat toko online memang bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan ketelatenan, keuletan, dan pastinya kesabaran. Selain itu, ada beberapa aturan tidak tertulis yang harus selalu dijalankan. Sayangnya, tidak semua orang tahu dan menjadi kesalahan terbesar penyebab toko online menjadi tidak lancar. Berikut ini beberapa kesalahan besar yang sering dilakukan para pebisnis pemula dalam membuat toko online yang harus Anda hindarkan.

  1. Tidak Mempunyai Planning yang Jelas

Banyak orang yang beranggapan bahwa bisnis online tidak memerlukan planning seperti halnya toko offline. Padahal, tanpa adanya planning, bisnis apa pun tidak akan dapat berjalan dengan lancar. Jalannya bisnis hanya apa adanya tanpa ada tujuan pasti.

  1. Tidak Terobsesi untuk Sukses

Kesuksesan sebuah usaha sangat tergantung dari niat, semangat, serta obsesi dari pebisnis itu sendiri. Tanpa adanya obsesi, bisnis hanya akan berjalan lurus tanpa adanya peningkatan signifikan. Ini jelas akan menghambat perkembangan bisnis itu sendiri.

  1. Tidak Menanggapi Keluhan Pelanggan

Modal utama dari bisnis online adalah kepercayaan dan kenyamanan pelanggan. Jika Anda tidak menanggapi setiap keluhan pelanggan, maka mereka akan meninggalkan toko Anda. Ini artinya, Anda telah kehilangan pelanggan potensial. Jika hal ini tidak segera ditanggapi, lambat laun bisnis Anda akan tutup dengan sendirinya.

  1. Mengabaikan Pelayanan kepada Pelanggan

Komunikasi utama dari bisnis online hanyalah melalui tulisan. Saat ada pelanggan ingin berkomunikasi dengan Anda melalui tulisan, namun Anda tidak segera meresponsnya atau malah menulis kata-kata yang kurang enak, jelas pelanggan akan enggan berkunjung lagi ke toko online Anda.

  1. Mempunyai Ekspektasi yang Tidak Realistis

Memang, tujuan utama dalam bisnis online adalah mendapatkan keuntungan sebanyak-banyak sehingga pundi-pundi uang Anda menjadi menumpuk. Namun, bukan berarti tujuan ini dijadikan sebagai tujuan jangka pendek. Sebagai pemula, Anda hanya perlu menargetkan untuk mendapatkan kepercayaan dari banyak pelanggan. Jika sudah banyak pelanggan yang percaya dengan produk Anda saat pembelian pertamanya, sudah dapat dipastikan mereka akan menjadi pelanggan setia Anda meskipun harga yang Anda terapkan sedikit dinaikkan.

Itulah beberapa kesalahan yang harus Anda hindarkan saat buat toko online.

Bisnis Online, Tips
About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *