Blog

May 2, 2018

Tips Jitu Menghadapi MEA

MEA, pernah dengar kata ini? Beberapa kali berita ekonomi membahas MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) sebagai salah satu momok yang harus dipersiapkan. Kenapa sih memangnya? Jadi, MEA itu adalah kesepakatan dari negara-negara yang terdaftar sebagai anggota ASEAN untuk meningkatkan kemajuan, serta mengembangkan aspek ekonomi dari berbagai bidang, salah satunya adalah bidang perdagangan. MEA mulai diberlakukan tanggal 31 Desember 2015 kemarin.

Indonesia, sebagai salah satu negara yang juga memberlakukan MEA, tentu terkena dampaknya baik positif ataupun negatif. Secara garis besar, dampak positif yang dirasakan negara Indonesia dengan adanya MEA adalah semakin terbukanya kesempatan yang lebar untuk para pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan hambatan-hambatan dalam perdagangan ini akan dikurangi, sehingga akan banyak produk Indonesia yang bisa masuk ke pasar Internasional. Produk tersebut tidak hanya barang, tetapi bisa juga tenaga kerja. Nah di sinilah masalahnya kemudian. Hal ini akan berlaku sebaliknya, di mana banyak juga produk barang dan tenaga kerja asing yang berkesempatan masuk ke dalam negeri kita.

Bagaimana dengan semakin terbukanya peluang bagi negara asing untuk masuk ke negara kita? Akankah kita sanggup menghadapinya? Akankah yang ditakutkan selama ini, jika kita akan menjadi budak di negeri sendiri terjadi? Inilah dampak negatif yang sebisa mungkin kita harapkan dan upayakan supaya tidak kejadian. Mari kita lihat sebentar, pertumbuhan ekonomi negara kita yang belum stabil, mungkin akan terbantu dengan adanya MEA. Produk barang ataupun jasa yang kemudian dikenal dunia, tentu akan dapat menigkatkan permintaan ekspor dan akan sangat berpengaruh pada pendapatan negara.

Mari kita sikapi adanya MEA ini dengan pikiran positif. Selain pemerintah yang juga harus turun tangan untuk mempersiapkan negara kita agar sanggup bersaing di dunia. Kita sebagai individual pun dituntut untuk terus meningkatkan kualitas diri agar tidak kalah saing nanti. Nah, ini dia, ada beberapa tips jitu untuk mengembangkan diri yang semoga dapat menginspirasi:

  1. Membangun jaringan

Untuk dapat meningkatkan keuntungan dan kesempatan, kita tentu perlu membangun jaringan yang kuat. Memiliki kemampuan untuk membangun relasi ini akan sangat menguntungkan ke depannya.

  1. Handal bernegosiasi

Keterampilan untuk bernegosiasi tentunya sangat dibutuhkan untuk memecahkan beberapa persoalan yang mungkin saja nanti akan dihadapi. Orang yang pandai dalam negosiasi akan memiliki kemampuan memecahkan masalah yang cepat. Di era pasar bebas, interaksi dengan perusahaan asing  tentunya akan memberikan pandangan yang berbeda.

  1. Publik Speaking

Kemampuan publik speaking tentu sangat penting dalam karier atau menjalankan bisnis. Kemampuan ini juga harus semakin diasah dalam rangka menghadapi MEA.

  1. Profesionalisme

Karakter profesionalisme tentu sangat diperlukan dalam hal apapun. Berpikir dan berperilaku secara profesionalisme harus terus dikembangkan dalam melakukan kerja sama baik dalam negeri maupun dengan pihak asing nanti.

Bisnis ,
About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *