Blog

March 15, 2018

Kuliah di Belanda Memberi Pendidikan Berkualitas Tinggi dan Karir Internasional

universitas di belandaKuliah di Belanda sejak dulu menjadi keinginan para mahasiswa dari Indonesia. Negara yang ada di wilayah barat laut Benua Eropa ini sekarang menjadi destinasi studi favorit pelajar di dunia. Nuffic Neso Indonesia, sebuah lembaga non-profit di bidang pendidikan tinggi Belanda bahkan menyebutkan bahwa satu dari sepuluh mahasiswa yang berkuliah di Belanda berasal dari luar negeri, jadi tunggu apa lagi untuk segera kuliah di universitas di belanda.

Meningkatnya Jumlah Pelajar Asing di Belanda

Kantor Pendidikan di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda atau dikenal dengan DUO menyebutkan bahwa jumlah pelajar internasional yang menempuh pendidikan di sana selama 2016-2017 meningkat hingga 6.136 dibanding statistik tahun sebelumnya. Itu membuat angkanya menjadi 81.392 mahasiswa. Sehingga, dari total populasi pelajar secara keseluruhan, ada 11,4% orang yang berkuliah di sana.

Sekitar 70% dari mereka atau 55.740 pelajar pergi ke universitas di Belanda dengan tujuan untuk memperoleh gelar Doktor. Sisanya, yaitu 25.652 pelajar ingin merampungkan gelar Master. Kebanyakan mahasiswa Master belajar di universitas riset, yang mana rasio antara mereka dengan mahasiswa Bachelor sekitar 50:50. Sementara di kampus-kampus ilmu terapan, rasionya berbeda karena 94% pelajar ada di tingkat Sarjana dan sisanya mengambil program Master.

Karir Tingkat Internasional

Belanda adalah negara yang berada di posisi ke-17 dalam daftar negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Perusahaan-perusahaan multinasional terbesar, seperti Philips, Unilever, Shell, Heniaineken, KLM dan ING berasal dari Negara Tulip. Selain itu, negara tersebut juga terkenal dengan keterampilan dalam berbagai bidang, termasuk pertanian, pengelolaan air, logistik, seni dan desain serta energi yang berkelanjutan.

Guna mencoba bagaimana berkarir di sana, Pemerintah Belanda memberi kesempatan pada mahasiswa internasional untuk mempraktikkan keterampilan dan pengetahuan yang didapat selama berkuliah. Mereka yang telah lulus dari masa pendidikan bisa mengajukan permohonan izin untuk tinggal selama 1 tahun dan mencari pekerjaan atau memulai usaha di sana. Izin tersebut dapat diajukan dalam waktu 3 tahun pasca kelulusan.

Dengan melihat ulasan di atas, tentu Anda tertarik untuk menjajal peruntungan dengan menjalani studi di Negeri Kincir Angin. Siapa tahu mendapatkan beasiswa S2 Belanda dan dapat melanjutkan karir di sana.

inspirasi ,
About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *